klik iklan dong !!!

Minggu, 29 Januari 2012

Kentang – Jenis Makanan Yang Menenangkan Otak dan Perasaan

INFO - Anda selalu minum kopi setiap pagi atau Coklat selalu membuat Anda menjadi lebih tenang? Apa penyebabnya? karena minuman dan makanan tersebut berdampak langsung pada saraf otak Anda sehingga makanan dan bumbu tertentu bisa ‘memanjakan’ otak Anda dan berdampak langsung pada perasaan.

Makanan yang dikonsumsi ternyata menstimulasi otak dengan cara yang berbeda-beda. Ketika makanan merangsang pelepasan zat kimia seperti dopamin dan serotonin, maka akan membuat perasaan lebih tenang. Di sisi lain, kurangnya asam amino tertentu dapat menyebabkan depresi dan pada kasus yang berat, kegilaan.

Pikiran yang tenang dan lega setelah mengonsumsi coklat atau kopi bukan hanya disebabkan oleh kafein, tetapi juga oleh zat dopamin yang memicu saraf kesenangan di otak kita. Selain itu Coklat juga mengeluarkan bahan sejenis opium yang menyebabkan perasaan senang. Senyawa ini juga terdapat dalam ganja.



Bukan hanya coklat yang bisa membuat tenang, satu jenis makanan lagi, yakni kentang. Kentang pun bisa menimbulkan perasaan damai. Itu karena mengonsumsi kentang membuat tubuh melepaskan glukosa kedalam darah.

Tetapi, tak selamanya makanan yang baik untuk otak dan perasaan juga baik untuk tubuh. Seperti kandungan gula pada kentang, jika dikonsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan risiko diabetes. Hanya saja makanan ini bisa kita konsumsi saat kita sedang badmood atau gelisah, sehingga bisa lebih tenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar